Zona Hitam Dunia: 2012-04-08

Kisah Inspiratif Sang Raja Tempe dari Indonesia di Jepang

 
Siapa yang tidak tahu tempe..ya makanan yang satu ini sudah merakyat sekali pada masyarakat Indonesia, tapi kali ini saya akan membahas perjalanan tempe dijepang dan orang yang mempopulerkannya.

Perjalanan dalam udara dingin musim gugur ke daerah pegunungan di Katsuragawa yang terletak sekitar 30 kilometer dari Kyoto adalah perjalanan yang menyajikan keindahan alam Jepang. Jalan menanjak berliku dihiasi pepohonan momiji yang daunnya mulai memerah cerah di sepanjang jalan
.Kabut meliputi puncak-puncak gunung dan hutan pinus lalu berakhir di sebuah lembah hijau.Rumah tradisional Jepang beratap rumbia tebal masih tampak di sana-sini dengan tamannya yang khas seakan bersatu dengan alam.Itulah awal perjumpaan saya dengan Rustono (41),sang Raja Tempe,sebagaimana teman-teman Jepang menyebutnya.

Di kawasan desa yang indah inilah konotasi yang menyepelekan tempe, seperti sebutan bangsa tempe atau mental tempe,sirna.Dari sinilah tempe mulai dikenal dan merambah hampir ke seluruh Jepang.Kemasan seberat 200 gram dengan label Rusto’s Tempeh bergambar ilustrasi suasana kehidupan kampung di Jawa tersebar di berbagai toko swalayan di Jepang.

Sebuah rumah tradisional Jepang,cagar budaya yang telah berusia dua abad, adalah tempat perjanjian saya bertemu dengan Rustono.Ketika kaki mulai melangkah memasuki gerbang kayu di halaman berpagar bambu,terdengar tiupan saksofon sopran yang mendendangkan lagu ”Going Home” dari Kenny G.

Rupanya sang raja sedang asyik melantunkan lagu penuh kerinduan yang menghanyutkan itu dengan duduk santai di batu besar di tengah taman di bawah rindangnya pohon momiji, ditingkah suara gemercik sungai jernih yang membelah desa,ditemani sang istri di sampingnya.

Semangat dari kerinduan
”Kampung halaman di tanah kelahiran memang selalu mendatangkan rindu,” Rustono menjelaskan ketika ditanya tentang lagu favoritnya itu.”Dan berdendang dengan tiupan saksofon adalah alunan suara jiwa paling dalam,” tambahnya.

Kerinduan akan tanah kelahiran di sebuah kota kecil Grobogan,nun jauh di pedalaman Jawa Tengah dengan hamparan sawah dan hutan jati,rupanya masih saja mengusik Rustono meskipun sudah 13 tahun dia menetap di Jepang.

Bagi Rustono yang alumnus Akademi Perhotelan Sahid (masuk tahun 1987),kerinduan tersebut bukanlah bernuansa sendu berlarut-larut, melainkan pembawa semangat menentukan keputusan jalan hidup.

Tahun 1997,setelah enam tahun bekerja di Hotel Sahid Yogyakarta, perubahan jalan hidup mulai menunjukkan arahnya.Ketika sebuah grup wisatawan Jepang berkunjung ke Yogya,seorang bidadari dari Negeri Matahari Terbit,Tsuruko Kuzumoto,yang tinggi semampai berkulit kuning langsat menambat hati Rustono.Dan rupanya dia tidak bertepuk sebelah tangan.Tahun itu juga berangkatlah Rustono menyusul ke Jepang dan mulai menempuh hidup barunya di Kyoto.

Berbagai pekerjaan pernah dia lakukan.Dari bekerja di perusahaan roti sampai ke perusahaan sayur-mayur.Di situ Rustono banyak memerhatikan etos kerja karyawan Jepang.Selain penuh tanggung jawab,mereka juga berupaya mencapai target dan ikut serta dalam menjaga kualitas produksi. Pun Pemerintah Jepang sangat teliti dengan secara periodik memeriksa kualitas produksi,meninjau perusahaan,sampai memerhatikan kebersihan ruangan,termasuk peralatan dan meja kerja.

Menurut pengamatan Rustono,makanan adalah kebutuhan paling pokok kehidupan manusia. Itu sebabnya mengapa segala bentuk makanan diproduksi di Jepang dan industrinya sangat maju.Terbetik dalam pikiran Rustono,kenapa tidak mencoba membuka usaha makanan yang belum ada di Jepang.Inspirasinya datang setelah mengenal nato,sebangsa makanan dari kedelai yang rasanya sangat khas untuk lidah Jepang.

Jadilah dia mencoba membuat tempe dengan sedikit pengetahuan yang pernah dia kenal.Selama empat bulan dia berkutat mencoba membuat tempe,dengan ragi dari Indonesia dan kedelai Jepang,tetapi selalu gagal. Hingga kemudian dengan menggunakan air dari sumber mata air di kediaman mertua,dia berhasil membuat tempe.

Perjalanan panjang
Jalan untuk mencapai keberhasilan usaha yang dia tempuh sangatlah panjang dan terjal.Meskipun berhasil dalam percobaan membuat tempe,dia belum yakin benar.Pastilah itu bukan hanya karena menggunakan air asli dari mata air langsung.

Setelah anak pertamanya,Noemi Kuzumoto,berusia tiga tahun,dengan izin istrinya Rustono kembali ke Indonesia selama tiga bulan untuk belajar membuat tempe kepada 60 perajin tempe di seluruh Jawa.

Beberapa perajin memang ada yang tidak sepenuhnya memberi rahasia pembuatan tempe,tetapi banyak hal yang bisa dia serap dari pengalaman para perajin tempe di Jawa Tengah.Misalnya, kenapa tempe bisa lebih terasa gurih,bagaimana hasilnya tempe yang dibungkus dengan daun bambu atau daun pisang,ataupun dengan plastik,dan bagaimana bisa menghasilkan fermentasi tempe dengan baik.

Yang kemudian tak kalah berat adalah memperoleh izin produksi di Jepang.Dia harus melalui penelitian dan tes di laboratorium,hingga harus memenuhi kesanggupan bertanggung jawab atas kualitas dan kandungan bahan produksi sesuai dengan yang tertera di kemasan bahwa kandungan gizi tempe kedelai setara dan kandungan gizi daging,termasuk mematuhi peraturan daur ulang kemasan.

Kendala cukup berat yang juga dapat dia lalui adalah soal menghadapi iklim alam di Jepang.Fermentasi tempe hanya bisa berhasil dalam cuaca kelembaban 60 persen hingga 90 persen,yang tentu saja tidak masalah di Indonesia.Di Jepang yang mempunyai empat musim,mempunyai kelembaban udara yang dibutuhkan tempe hanya pada musim panas.Tetapi, lewat penelitian kecil-kecilan dan telaten,hasilnya sangat besar.Dia bisa mengatur kelembaban pada segala musim di dalam ruangan produksi.

Peralatan produksi juga hasil inovasi Rustono sendiri.Alat pencuci kedelai dia modifikasi dari bekas mesin pencuci cumi-cumi yang dia dapat dari perusahaan perikanan.Begitu pula untuk pengemasan,dia datangkan mesin bikinan Bantul dan Surabaya.

The King of Tempe
Meskipun julukan ini hanya gurauan teman-teman sejawatnya,rasanya memang tak ada yang salah.Kini kapasitas produksi Rustono setiap lima hari bisa mencapai 16.000 bungkus tempe dengan kemasan 200 gram.Untuk mendukung produksi,dia mengadakan kontrak kerja sama dengan petani kedelai di Nagahama,kawasan Shiga.

Dari peta penyebaran Rusto’s Tempeh yang tertera di ruang kerjanya,terlihat konsumennya tersebar di kota-kota hampir seluruh Jepang.Selain masyarakat Indonesia di Jepang dan masyarakat Jepang sendiri, konsumennya juga meliputi perusahaan jasa boga, rumah makan vegetarian,toko swalayan,sekolah,hingga rumah sakit di Fukuoka.

Memang usahanya berawal dari skala kecil dengan pemasaran dari pintu ke pintu.Rumah produksi dia bangun sendiri tanpa tukang bangunan dan tanpa pemikiran arsitektural,tetapi hanya dengan intuisi yang mirip intuisi seniman. Dan dari usaha rumahan itu sekarang Rustono mencapai taraf pembangunan pabrik tempe di kawasan pinggir hutan yang bermata air,di atas lahan 1.000 meter persegi.

Penghargaan
Di Jepang sudah banyak buku mengupas tentang tempe.Di antaranya yang terkenal adalah The Book of Tempeh,tulisan William Shurtleft dan Akiko Aoujaga.Buku besar ini lengkap dengan uraian dan ilustrasi menarik tentang pembuatan dan manfaat tempe dengan latar belakang budaya Indonesia, terutama Jawa.

Ada juga buku terbitan Asosiasi Tempe di Jepang yang dikelola para profesor dan ahli gizi.Asosiasi ini mengadakan penelitian dan setiap tahun mengadakan seminar tentang tempe.Salah satu kajiannya adalah kandungan gizi tempe tak kalah dari daging sapi.

Berbagai restoran vegetarian di Jepang banyak menyajikan olahan tempe dengan berbagai bentuk olahan Jepang,seperti misoshiru tempe dan tempura tempe.Yang paling terkenal adalah burger tempe.
Mereka memperkenalkan tempe dengan semboyan ”Makanan enak belum tentu menyehatkan,makanan tidak enak bisa menyehatkan.Tetapi, makanan enak dan menyehatkan adalah tempe!” Terberitakan pula sebuah perusahaan kosmetik memproduksi bahan kecantikan dengan jamur hasil fermentasi tempe ke dalam kapsul yang konon bisa menghaluskan kulit.

Soal hak paten yang pernah jadi pergunjingan di negara kita bahwa tempe diklaim Jepang, Rustono menjelaskan,”Ah, itu kesalahpahaman. Bagaimana kita mematenkan tempe yang semua orang sampai di Amerika pun tahu tempe adalah makanan asli Indonesia.Apakah Jepang juga akan mematenkan sashimi atau sushi?Mereka hanya mematenkan olahan burgernya,bukan tempenya.”

Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

10 Dasar Pemikiran Positif Paling Populer di Dunia


Berapa orang dari kita yang pernah memikirkan sungguh-sungguh arti kehidupan ini? Meskipun kita menjalani hidup kita masing-masing, banyak dari kita yang mempertanyakan apakah arti kehidupan ini. Kita perlu menyisihkan waktu untuk memikirkan hal ini dengan serius. Kecuali kita benar-benar memahami kehidupan kita saat ini dan bagaimana kita menjalaninya, kita tidak bisa merubahnya sesuai dengan keinginan kita. Terdapat pandangan-pandangan kehidupan yang berbeda dimana orang-orang akan melihat kehidupan berdasarkan pendidikan, pemahaman, dan pengalaman pribadi mereka.

Melalui artikel yang dikutip dari gallerydunia.com, mari kita jabarkan 10 hukum kehidupan sebagai dasar pemikiran positif.

Pengambilan Keputusan
Ada saat tertentu dalam kehidupan dimana rasanya sulit untuk mengambil keputusan yang tepat. Hal ini mungkin terjadi karena kita tidak memiliki semua informasi yang kita butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat. Alasan lain ialah karena kita kurang berhati-hati dalam menghadapi situasi atau masalah tersebut. Faktor lain yang mungkin berujung pada kesalahan dalam pengambilan keputusan adalah kita merasa tidak sabaran sehingga kita membuat keputusan yang tergesa-gesa. Pada saat yang bersamaan, kita harus menganalisa dengan objektif penyebab kegagalan kita. Analisis objektif semacam ini akan membantu kita dalam usaha kita ke depan. Kita harus memastikan bahwa kesalahan yang kita lakukan tidak terulang kembali. Pengalaman masa lalu seharusnya menjadi bekal untuk kesuksesan kita di masa depan. Antusiasme dan minat yang lebih besar menjadikan kesalahan kita sebagai batu loncatan untuk kesuksesan di masa mendatang.

Seni Memberi
Dimanapun kita tinggal, kita mendapati bahwa ada orang-orang di sekitar kita yang sangat miskin dan tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar mereka. Sebagian dari mereka bahkan tidak bisa makan 2x sehari. Mereka tinggal di rumah yang lapuk. Mereka tidak memiliki pakaian yang layak untuk dikenakan. Anak-anak mereka terlihat di lingkungan sekitar kita dan tidak meneruskan pendidikan mereka. Ketika anda telah berada pada titik dimana anda merasa nyaman, pikirkanlah orang-orang tersebut yang berjuang susah payah untuk mencari uang demi bertahan hidup. Dalam hal ini, kita harus menyediakan bantuan bagi mereka dalam bentuk materi maupun bentuk lain. Beasiswa dapat ditawarkan kepada pelajar yang berasal dari keluarga miskin. Bantuan juga bisa diberikan untuk perawatan dan biaya rumah sakit bagi pasien yang miskin. Sebagian dari mereka tidak memiliki tempat berteduh dan terpaksa tidur di tempat terbuka. Singkat kata, kita bisa menemukan berbagai macam cara untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Dan kita harus membantu mereka tanpa pamrih. Mereka yang berkecukupan harus menyisihkan sebagian dari pendapatan mereka untuk kegiatan semacam ini.

Harapan dan Iman
Nasib bukanlah soal kesempatan; nasib adalah perihal pilihan. Nasib bukanlah sesuatu yang harus kita tunggu, namun sesuatu yang harus kita capai. Manusia adalah arsitek dari nasibnya sendiri. Nasib atau takdir merupakan hasil dari tindakan dan usaha kita. Jika kita mengetahui kejadian-kejadian yang akan kita alami di tahun mendatang, apa reaksi kita? Kebanyakan dari kita berpikir: kita sudah mengetahui nasib kita, jadi mengapa kita harus bekerja? Apapun yang kita lakukan hasilnya akan tetap sama. Jika anda terus bersikap demikian, anda tidak pernah maju. Tidak akan pernah ada produk baru maupun penemuan baru. Hanya stagnasi lah yang akan terjadi. Nasib membuat orang menjadi pasif dan menumpulkan pertumbuhannya. Kita tidak boleh bergantung pada nasib. Kita harus memahami pentingnya kejujuran dan kerja keras. Seperti kata pepatah: kerja adalah bagian dari doa. Kerja keras yang disertai kecerdasan dan ketulusan akan menghasilkan sukses di berbagai bidang.

Hukum Karma
Poin ini khusus bagi mereka yang percaya akan adanya hukum karma. Berdasarkan hukum karma, setiap akibat pasti memiliki sebab. Semua terjadi karena ada yang memulainya terlebih dahulu. Beberapa orang hidup hingga usia 100 tahun bahkan lebih sementara yang lain meninggal pada usia muda. Beberapa orang meninggal dengan cara yang menyakitkan dengan terbaring di rumah sakit karena penyakit serius. Sebaliknya, ada orang-orang yang meninggal tanpa merasa sakit. Pertanyaan dasar yang muncul dalam benak seseorang adalah: mengapa terdapat begitu banyak perbedaan dalam kehidupan manusia? Jawabannya sangat sederhana: karena hukum karma. Orang memperoleh hasil dari pemikiran serta tindakan mereka di kehidupan terdahulu. Jika seseorang telah hidup dengan jujur, membantu orang-orang di sekelilingnya; cepat atau lambat ia akan memperoleh imbalannya. Orang-orang yang memiliki kehidupan yang baik dan nyaman kemungkinan telah melakukan banyak perbuatan baik semasa hidupnya dulu; dan sebaliknya. Jiwa bersifat abadi dan selalu ada. Jiwa tidak pernah bisa ditenggelamkan ke dalam air atau dibakar dengan api. Tujuan utama dari jiwa adalah untuk mencapai tahap kesadaran diri dan kesempurnaan. Jiwa harus melalui beberapa tahap kelahiran dan kematian hingga akhirnya jiwa tersebut bisa mencapai tujuan akhirnya. Namun, jiwa bisa mencapai tujuan akhirnya jika jiwa tersebut tidak lagi memiliki hasrat, semua urusan-urusan telah dituntaskan dan tidak ada lagi beban yang ditanggungnya.

Manusia Harus Menghormati Sesamanya
Pada pandangan pertama, poin ini nampaknya berhubungan dengan aspek moral kehidupan. Tidak diragukan lagi, pertanyaan terhadap integritas moral cukup penting namun poin ini memiliki arti yang lebih mendalam. Seringkali, seseorang merasa dipermalukan oleh atasannya dan di hadapan rekan-rekan kerjanya. Jika dia terus dipermalukan di kantor atau di antara teman-temannya; ia akan kehilangan harga diri. Orang yang mengalami ini tidak saja akan merasa tidak berdaya dan terganggu, ia akan cenderung tidak menghargai atasannya dan bahkan menggunakan bahasa yang kasar. Dalam situasi semacam ini, sangat disarankan untuk mengundurkan diri dari tempat kerja maupun lingkungan meskipun dalam situasi tertentu hal ini tidak memungkinkan. Sebagai alternatif, ia seharusnya berterus terang kepada atasannya mengenai perasaan dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi pekerjaannya. Atasannya seharusnya cukup dewasa untuk memahami bahwa ia harus menghargai bawahannya. Dengan melakukan ini, hubungan antara atasan dan bawahan akan membaik dan akan tercipta keharmonisan diantara mereka berdua.

Manusia Harus Memiliki Kepuasan atas Kebutuhan Sosialnya
Manusia harus memiliki kehidupan sosial karena ia tidak dapat hidup seorang diri. Kecuali bagi mereka yang menjauhkan diri dari kehidupan materi dan mencari pencerahan jiwa; manusia membutuhkan interaksi sosial. Pada jaman dahulu, dalam sistem keluarga, kebutuhan sosial dapat terpenuhi dengan interaksi antar anggota keluarga. Namun dengan meningkatnya jumlah keluarga inti, manusia nyaris putus hubungan dengan interaksi sosial. Di kota-kota besar di tengah padatnya penduduk, seseorang bisa merasa terisolasi. Ia hidup di tengah-tengah orang asing. Ia harus memenuhi kebutuhan sosialnya dan menemukan cara untuk bercengkrama dengan lingkungan sekitarnya. Ia bisa bergabung dengan klub sosial atau asosiasi dimana ia bisa menghabiskan waktu dan berinteraksi dengan sesama anggota yang memiliki kesamaan minat. Para orang tua sebaiknya tidak terlalu mengekang kehidupan sosial anak-anak mereka. Jika mereka melarang anak-anak untuk bergaul dengan kawan-kawannya, orang tua seharusnya sadar bahwa hal itu akan menghambat pertumbuhan mereka.

Manusia Harus Memperoleh Rasa Superioritas (Setidaknya) Dalam 1 Hal
Jadilah ahli dalam beberapa bidang. Manusia harus memilh pekerjaan sesuai dengan keahliannya, meskipun seringkali kebebasan untuk memilih pekerjaan tidaklah mungkin. Intinya adalah pekerjaan apapun yang ia lakukan, ia harus menjadi ahli dalam pekerjaannya, dan dari situlah ia akan mendapatkan rasa hormat dari kelompoknya. Keahlian ini harus terus ia miliki sepanjang hidupnya. Sebagai contoh, mari kita lihat dari bidang akademis. Seorang professor mengajar sebuah mata pelajaran dalam kelas-kelas tingkat lanjut di sebuah universitas. Ia tidak hanya harus memiliki pengetahuan yang cukup terhadap mata pelajaran yang ia ajarkan, ia juga harus mengajar dengan cara yang bisa dipahami murid-muridnya. Jika para murid menganggap ia bisa mengajar dengan baik, mereka akan bersemangat untuk hadir dalam mata kuliahnya dan memberikan rasa hormat baginya. Sang professor akan merasa sangat senang jika ia mengetahui bahwa mata pelajaran yang ia ajarkan dapat diterima dengan baik dan dihargai.

Energi Harus Disalurkan
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan orang tua yang mencegah anak-anak mereka melakukan hal yang mereka minati. Jika si anak menentang keinginan orang tua nya , orang tua akan menegurnya dan meminta agar hal tersebut tidak mereka lakukan lagi. Hal ini mungkin akan berhasil untuk sementara waktu namun jika sering dilakukan, hal ini akan berdampak buruk bagi pertumbuhan anak. Jika si anak berada pada rentang usia 14-20 tahun, ia akan memberontak dan melawan ayahnya secara terbuka. Sebagai contoh, ketika air mendidih, uap dengan dorongan tenaga kuat akan dihasilkan. Nah, jika tidak ada pelepasan dan air terus mendidih, akan terjadi ledakan. Intinya adalah jika seseorang memiliki dorongan untuk melakukan sesuatu, tidak disarankan untuk menekan dorongan tersebut. Menekan “dorongan tersebut” akan berakibat pada kemunduran kehidupan orang yang bersangkutan. Hal itu akan merampas kepribadian unik dari orang tersebut.

Manusia Harus Mendengarkan Suara Hatinya
Untuk mencapai kehidupan yang terorganisir, manusia harus mematuhi suara hatinya. Bahkan, poin ini adalah hukum terpenting dari hukum-hukum yang sudah ada. Jika manusia tidak mampu mendengarkan suara hatinya, ia tidak akan mampu mengendalikan dan mengarahkan hidupnya. Perlu dicatat juga bahwa kita tidak pernah bisa memutuskan apa yang harus dilakukan orang lain. Namun kita bisa mendengar suara hati kita yang akan memberi tahu kita apa yang harus kita lakukan. Sekali lagi, orang tua memiliki peran besar untuk mendorong anak-anak mereka; semakin mereka dewasa mereka harus mengarahkan kehidupan mereka. Untuk hal ini, orang tua harus memberikan pengarahan sehingga mereka bisa mengetahui bagaimana intuisi mereka bisa menuntun kehidupan mereka. Jika seseorang telah mengembangkan kebiasaan bermeditasi, akan terasa lebih mudah untuk mendengarkan suara hati. Meditasi juga akan membawanya menuju kebangkitan spiritual.

Harus Mengatur dan Mengarahkan Hidupnya
Hukum fundamental ini mengatakan bahwa manusia harus menguasai kehidupannya. Ia harus mampu membentuk kehidupannya sesuai dengan keahlian dan minatnya. Namun, hal ini mungkin terjadi jika ia memeiliki kehidupan yang teratur. Ia harus memastikan bahwa seluruh kegiatannya memiliki waktu sehingga ia memiliki kehidupan yang seimbang. Kehidupan demikian akan membantu menghindari waktu terbuang sia-sia dan memungkinkan manusia untuk memberikan hasil yang maksimal dan di waktu yang bersamaan menyediakan relaksasi dan suka cita bagi dirinya sendiri. Saat ini, banyak hal yang berubah dengan cepat. Dunia telah menjadi pemukiman global. Perubahan teknologi berlangsung setiap harinya. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi manusia untuk tetap mengikuti perubahan jaman. Hal ini mungkin terjadi jika anda memiliki rasa ingin tahu untuk terus mempelajari hal-hal baru. Anda tidak boleh menunda proses pembelajaran. Jika anda menunda proses tersebut, anda akan mendapatkan diri anda terjebak dalam bidang anda. Dalam dunia yang kompetitif, banyak orang yang akan mendahului anda. Hal ini akan meruntuhkan semangat anda dan membuat anda merasa frustasi.
Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

Kumpulan Foto Para Raksasa Spesies

Ketika pertama kali melihat foto binatang raksasa di bawah ini adalah merasa aneh plus kagum menakjubkan juga sekaligus penasaran apakah foto ini asli atau hanya hasil edit foto. Namun dari hasil penelusuran, fakta tentang semua foto berikut memang benar adanya. Hal ini terjadi diperkirakan karena penyebab kelainan genetika, kalau di dalam ilmu biologi biasa disebut sebagai 'Gigantisme'.

































Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

Inilah Telur Ayam Paling Kecil Sedunia


Telur adalah makanan pokok wajib yang selalu dihidangkan di meja makan. Hampir setiap hari orang diseluruh dunia mengomsumsi telur.

Tetapi jika Anda melihat telur yang satu ini, pasti urung untuk memakannya. Dari bentuknya saja sangat unik. Sangat kecil. Sangat sayang jika harus dikomsumsi.


Betapa tidak, telur ini hanya memiliki panjang 2,28 sentimeter saja. Dan beratnya hanya 7,08 gram. Sangat ringan dan sangat kecil!.


Harry Evans terkejut saat menjumpai ayam betina kesayangannya mengeluarkan telur tersebut. Ia takjub dan mengatakan jika telurnya ini adalah telur terkecil di dunia.

Padahal induk ayam sangat besar. Harry Evans bahkan memanggilnya dengan nama Big Bird. Uniknya telur yang ia hasilkan justru sangat kecil.

Peternakan ayam yang dimiliki Harry Evans terletak di Bakewell, Derbys, Inggris. Dan telur Big Bird bahkan seukuran koin uang logam.

Untuk ukuran telur ayam normal biasanya akan berbobot 56,69 gram dengan panjang 5,71 sentimeter.

“Big Birds biasnya bertelur normal. Tidak seperti ini. Namun kadang kala ketika musim dingin datang, ia menghasilkan telur-telur mungil. Tetapi tak semungil ini,” papar Harry Evans.

Telur Big Birds saat ini telah didaftarkan Harry Evans ke Guiness World Records sebagai telur terkecil di dunia. Apakah usahanya akan berhasil? Kita tunggu saja.
Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

Tips Cara Memilih Nama Bisnis

Anda hendak mulai usaha? Pasti kemudian anda mencari nama bisnis bagi usaha anda tersebut. Nama, apalagi untuk kepentingan bisnis, amatlah penting. Sebab dengan nama itu konsumen mengenal bisnis anda. Nama itu juga yang mewakili usaha anda. Serta juga yang membedakan bisnis anda dengan yang lain.

Seperti cara memilih nama domain atau nama blog anda, memberi nama bisnis bagi usaha anda juga ada caranya.


Nah, bagaimana caranya memilih nama bisnis?

Ada beberapa rumusan dasar cara pembuatan nama bisnis. Berikut ini beberapa di antaranya:


  • Mudah diingat
  • Mudah diucapkan
  • enggambarkan usaha atau bisnis yang anda jalankan
  • Berbeda dengan yang lain

Lalu dari mana inspirasi atau ide nama bisnis itu datang?

Ide nama bisnis bisa datang dari banyak sumber. Misalnya
  • Dari nama suatu tempat. Seperti perusahaan Adobe yang diberi nama pendirinya John Warnock dari sungai bernama “Adobe Creek” yang berada di belakang rumahnya. Atau perusahaan telekomunikasi Cisco yang diambil dari nama kota San Fransisco. Seperti juga Nokia, produsen handphone yang mengambil nama mereknya dari nama kota tempat pabriknya berada.
  • Dari nama mitologi. Seperti produsen alat olahraga Nike yang namanya berasal dari dewi kemenangan Yunani. Atau nama peruhsaan elektronik Asus yang berasal dari kata Pegasus, kuda terbang dalam mitologi Yunani.
  • Dari nama hewan. Seperti merk Reebok yang berasal dari nama rhebok, antelope di Afrika.
  • Dari nama buah. Seperti Apple Computer yang diberi nama oleh Steve Jobs saat sedang makan apel.
  • Dari singkatan. Seperti nama Maspion yang berasal dari singkatan “Mengajak Anda Selalu Percaya Industri Olahan Nasional”. Atau Skype yang berasal dari “Sky-Peer-to-Peer”. Dan Benq dari “Bringing Enjoyment and Quality to life” serta Microsoft yang berasal dari “MICROcomputer SOFTware”.
  • Dari bahasa setempat. Seperti Sanyo yang dalam bahasa Jepang berarti “tiga lautan”. Atau Samsung yang dalam Korea berarti “bintang tiga”.
  • Dari nama orang. Seperti Casio yang berasal dari nama pendirinya, Kashio Tadao.
Bagaimana sekarang? Ada gambaran hendak memberi nama bisnis apa untuk usaha anda?

Oh ya, nama bisnis ini erat juga kaitannya dengan logo bisnis. Karena itu, nama dan logo bisnis anda hendaknya saling berkait agar mempermudah orang mengingat nama bisnis anda. Harapannya, merek anda kemudian menjadi top of mind di benak konsumen.Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

Keluarga Cina Terunik yang Tinggal di Toilet

“Tidak ada tempat yang nyaman selain rumah”, saya percaya kata pepatah itu. Kisah ini menceritakan tentang keluarga migran sederhana berasal dari China yang membuktikan pepatah tersebut menjadi sangat berarti bagi mereka. Bahkan ketika rumah yang mereka tinggali adalah toilet umum yang sudah ditinggalkan di kota Shenyang.





Zen Lingjun (sumber:forbesindia.com)
Zen Lingjun lahir di sebuah desa kecil, di provinsi Jilin dari Northeasterb Cina. Sewaktu kecil, ia memimpikan suatu hari dapat menduduki bangku kuliah, tetapi karena faktor kemiskinan ia harus meninggalkan mimpinya dan puas menjadi tukang sepatu. Ia memiliki rencana besar untuk dirinya sendiri, jadi suatu hari, dengan hanya bermodalkan 50 yuan (72.000 rupiah) di sakunya, ia berangkat ke Shenyang, kota terbesar di timur laut Cina. Menjadi pekerja keras dan tukang sepatu yang terampil, membuatnya bisa bertahan di kota besar, dan ia segera memiliki penghasilan sekitar 2.000 yuan (2.9 juta rupiah) per bulan. Tapi dengan penghasilan itu ia merasa belum cukup untuk mendapatkan tempat tinggal.

Enam tahun yang lalu, seorang temannya memberitahukan bahwa toilet hotel yang ditinggalkan tersedia untuk disewakan dengan harga yang sangat rendah. Segera Zen meminjam uang yang dibutuhkan dan menyewa toilet tersebut untuk ia huni. Entah bagaimana ruangan yang hanya berukuran 19 meter persegi itu menjadi tempat tinggalnya.

Pada tahun 2008, Zeng Lingjun bertemu istri yang sekarang ia nikahi, juga sebagai pekerja migran, dan memiliki bayi setelah pernikahannya di tahun 2010. Walau Zen dan keluarga kadang merasa tak tahan dengan bau sekitar, tidak membuatnya menyerah dengan keadaan. Sekarang mereka bertiga tinggal dan menikmati kehidupannya bersama. (**)Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

Lift Pertama Unik dengan Dinding Wallpaper yang Dapat Di'nikmati'

 
Wow! Di London, Inggris, ada lift yang dindingnya dipenuhi oleh kue yang bisa dijilat loh! Ini adalah elevator pertama di dunia yang dapat "dinikmati" oleh manusia.


Ada 1.325 kue Jaffa Cakes yang ditempel di dinding lift yang disediakan bagi para karyawan untuk dijilati. Ew...Kebayang dong jadi orang yang paling akhir menjilat kue? Eh, tapi tunggu dulu...Tiap kue Jaffa Cakes yang telah dijilat oleh satu orang, akan dilepaskan dari dinding dan diganti dengan yang baru.

Perusahaan pembuat Jaffa Cakes. McVitie's, mendapatkan inspirasi untuk membuat lift yang penuh kue ini dari film Willy Wonka, Charlie and The Chocolate Factory. Dibutuhkan waktu selama 4 minggu bagi para seniman dan teknisi pangan untuk menyelesaikan proyek ini.

Kampanye iklan yang sangat unik dari Jaffa Cakes ini dapat ditemui di perkantoran perusahaan telekomunikasi Engine di Jalan Great Portland, London.

Senior Brand Manager Jaffa Cakes McVitie's Philippa Tilley menjelaskan, "Kami hanya ingin membawa sedikit kesenangan dalam hidup dan ini adalah cara yang sempurna untuk mendapatkan sedikit kebahagiaan secara langsung bagi para pekerja yang mengalami stres."




Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

Hacker Rusia yang Sukses Jebol Chrome

Gelarnya adalah "bug hunter". Mahasiswa asal Rusia Sergey Glazunov berhasil mengumpulkan hadiah terbanyak dari Google Chrome karena menemukan bug. Dalam kompetisi Google Pwnium ini, Sergey berhasil mendapat hadiah senilai US$ 60 ribu (sekitar Rp 547 juta) dari total US$ 940 juta.


Lomba yang berlangsung di Konferensi keamanan CanSecWest di Vancouver, Kanada diikuti ratusan peretas. Google akan memberikan hadiah kepada setiap hacker yang menemukan bug. Setiap bug nilainya bisa berbeda. Google menyediakan hadiah sampai sejuta dolar alias Rp 9 miliar!




Seperti dilansir Wired lomba menjebol Chrome ini relatif sepi karena obyeknya tak menyertakan kompetitor seperti IE, Firefox dan Safari. Sergey mengirimkan serangan ke Chrome dari Rusia dan mengirimkan kode-nya ke Google.

Jebolnya Chrome ini merupakan pertama dalam lomba Pwnium. Tahun lalu, Google menawarkan US$ 20 ribu tambahan bagi yang berhasil meretas Chrome, tetapi tidak ada yang berhasil.

Apakah "kekalahan" Chrome akan membuat citranya anjlok? Tim keamanan Google berpendapat kompetisi bukan memamerkan kegagalan Google, tapi menemukan dan mencari bug sehingga Chrome lebih aman. "Selamat kepada Sergey, kontributor yang bisa pertama kali bisa menjebol Chrome," kata Sundar Pichai, Senior Vice President Chrome. "Kami mengadakan kompetisi ini untuk meningkatkan keamanan. Kami terus mencari orang yang bisa menemukan bug sehingga Chrome menjadi aman dan kuat buat penggunanya."Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

Teknik Mempercepat Buffering Video 1000 Persen Kenceng

Teknik Mempercepat Buffering Video 1000 Persen kenceng cukup pake notepad lho!! sih merupakan salah satu rahasia hacking bandwidth yang masih manjur untuk beberapa ISP.Coba agan coba sendiri jika tidak mau termakan kata-kata saja.Try and get satified!!
caranya begini..


•Klik Start → RUN
•Di dalam box RUN, tulis → system.ini



•Kemudian akan muncul notepad yang ada tulisannya


•Sekarang, copy teks di bawah ini, paste di bawah teks yang tadi


page buffer=1000000Tbps
load=1000000Tbps
download=1000000Tbps
save=1000000Tbps
back=1000000Tbps
search=1000000Tbps
sound=1000000Tbps
webcam=1000000Tbps
voice=1000000Tbps
faxmodemfast=1000000Tbps
update=1000000Tbps

•Simpan dan restart komputer

Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

7 Perangko Termahal Di Dunia

Tahukah anda 7 Perangko termahal dan langka di dunia? simak berita di bawah ini.. :)
The Three-Skilling Yellow

The Three-Skilling Yellow, adalah prangko salah cetak terbitan pemerintah Swedia yaitu pada cetakan pertamanya tahun 1855. Dimana prangko normalnya saja (yang seharusnya berwarna biru-hijau) juga termasuk prangko langka. Three-Skilling Yellow adalah salah satu prangko terlangka dan hanya satu-satunya yang tersisa. Tahun 1984 prangko ini terjual seharga 977.500 Swiss francs oleh David Feldman. Tahun 1990 penjualan mencapai angka satu juta dolar US, kemudian tahun 1996 terjual seharga $2,3 juta atau sekitar Rp. 21,85 milyar. Dan setiap kali terjual selalu mencetak record angka tertinggi sebagai sebuah prangko termahal di dunia.


The first two Mauritius stamps
The first two Mauritius stamps (1847) adalah dua seri prangko pertama yang diterbitkan pemerintah kolonial Inggris. Hanya tersisa satu buah prangko pertama dengan kondisi unused dan tiga buah prangko kedua juga dengan kondisi unused. Tahun 1993 David Feldman melelang prangko Mauritius milik Hiroyuki Kanai menghasilkan record tertinggi. Prangko pertama yang berwarna orange terjual seharga $1,072,260 atau sekitar Rp. 10 Milyar lebih dan yang kedua seharga $1,148,850 juga sekitar lebih dari Rp. 10 Milyar


The inverted Jenny
The inverted Jenny adalah prangko Amerika tahun 1918 bergambar pesawat Curtiss JN-4 dan secara tidak sengaja tercetak terbalik; ini mungkin adalah salah cetak paling terkenal di dunia filateli Amerika. Hanya 100 prangko salah cetak yang tersisa, membuatnya menjadi salah satu prangko salah cetak paling berharga; Satu blok penuh prangko inverted Jenny terjual pada lelang Robert A. Siegel bulan Oktober 2005 seharga US$2.7 juta. Dan bulan November 2007 sebuah prangko inverted Jenny terjual seharga US$977,500 (Rp. 9 Milyar). Desember 2007 sebuah prangko mint (unused/belum terpakai) dengan kondisi baik sekali terjual kepada seorang eksekutif Wall Street seharga $825,000 atau sekitar Rp 7,8 Milyar.


British Guiana One Cent Black on Magenta

British Guiana One Cent Black on Magenta (1856) adalah termasuk prangko terlangka dan termahal. Prangko dicetak di atas kertas kualitas rendah berwarna magenta dengan tinta hitam, dikarenakan kondisi darurat. Diketahui hanya ada satu buah yang tersisa di seluruh dunia, jadi prangko ini unik dan tidak ada lainnya lagi yang pernah ditemukan. Tahun 1980 telah dilelang kepada John Dupont seharga $935,000 atau sekitar Rp 8,8 Milyar.


U.S. Franklin Z-Grill
U.S. Franklin Z-Grill, 1867. Ini adalah prangko terlangka dari semua prangko Amerika Serikat, hanya ditemukan 2 buah yang masih tersisa. Tahun 1988 sebuah prangko “Z-Grill” 1 cent tahun 1868 terjual seharga $930,000 atau sekitar Rp 8,8 Milyar.



Hawaiian Missionaries

Hawaiian Missionaries, 1851 adalah prangko pertama Hawai. Karena “Hawaiian Missionaries” dicetak secara kasar dengan kertas yang tipis dan berkualitas rendah, hanya beberapa prangko saja yang berhasil diselamatkan dan merupakan prangko yang sangat langka. Nominal terendah yaitu 2 cent tahun 1851 adalah yang paling langka dari keseluruhan seri, dan hanya tersisa 16 buah. Sebuah prangko Missionary 2 cent dengan kondisi mint (unused) seharga $760,000 dan kondisi used seharga $225,000.


The Penny Black
The Penny Black, adalah prangko berperekat resmi pertama di dunia, diterbitkan Pemerintah Inggris tanggal 1 Mei 1840 dan mulai digunakan tanggal 6 Mei. The Penny Black sebenarnya bukanlah prangko yang langka tetapi termasuk prangko termahal. Total cetakan 286.700 lembaran cetak dengan 68.808.000 prangko. Sebuah prangko Penny Black unused (belum dipakai) menurut katalog Scott tahun 2001 seharga $3,000 atau sekitar Rp. 28.500.000,- dan used (sudah terpakai) seharga $180 atau sekitar Rp 1.700.000,- selembarnya. Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

Tips Jitu Untuk Keamanan Wanita

karatelady
Banyaknya kejahatan dan tindakan kriminal menyerang siapa saja termasuk wanita. Kaum hawa merupakan sasaran empuk dan lebih mudah “ditaklukkan” daripada pria. Buktinya kasus pembunuhan atau bahkan pelecehan seksual terhadap wanita marak terjadi dimana-mana, di tempat sepi bahkan di tempat ramai seperti di dalam bis kota. Maka sebagai wanita, Anda harus lebih waspada menjaga diri, terutama jika Anda harus bepergian dan pulang malam tanpa teman atau sendirian.

Kejahatan pada perempuan tak hanya meninggalkan luka fisik saja, namun dampak psikologis berupa perasaan trauma dan ketakutan yang tidak logis jika kejadian tersebut terulang kembali. Sebagian pelaku mungkin telah mengincar Anda karena rasa emosi, sebagian memburu karena mengiginkan sesuatu dari Anda, sebagian lagi dikarenakan ulahnya yang iseng atau pelaku mengalami gangguan mental. Berikut ini ada beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga diri Anda dari kejahatan,

Berpakaian tertutup dan sewajarnya
Ada beberapa alasan perempuan memakai pakaian “terbuka”. Selain karena pekerjaan, mereka ingin terlihat lebih menarik di hadapan lawan jenis. Jika untuk masalah pekerjaan, Anda bisa berganti pakaian di kantor. Sedangkan alasan kedua, pakaian tertutup pun tetap membuat Anda terlihat memukau jika di dalam diri Anda terdapat kecantikan perilaku, maka tak perlu repot-repot berpenampilan glamour atau terbuka yang justru akan mengundang kejahatan baik berupa perampokan atau pelecehan seksual. Kejahatan dapat timbul dari niat yang tiba-tiba. Lindungi diri Anda sendiri dengan berpakaian wajar, tertutup serta menggunakan aksesoris yang sewajarnya.

Siapkan senjata perang
Mulai sekarang, prioritaskan beberapa senjata perang untuk dibawa kemana-mana dibandingkan dengan alat kosmetik Anda. Alat perang tersebut adalah semprotan merica, parfum, hairspray, pisau lipat, senter,bahkan jika keadaan genting, Anda dapat menggunakan high heels sebaga senjata. Atau selipkan kunci motor ke sela-sela jari, genggam dengan kuat, lalu dengan tinju yang kuat, Anda dapat menggunakanya sebagai senjata.

Waspada dimana saja dan hindari pikiran kosong
Walapun peralatan perang telah siap, sikap waspada tetap diperluan dimana saja. Jangan sampai Anda lengah karena melamun. Pikiran kosong akan membuat Anda lebih mudah diperdaya. Jangan mudah percaya pada orang yang baru dikenal. Hindari dan tolak secara halus ajakan mereka, misalnya ketika mengajak ke suatu tempat atau saat memberikan permen dan minuman. Bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu bagian usaha mereka dlam melumpuhkan Anda.

Bekali kemampuan diri dengan olahraga beladiri

Karate, wushu, dan taekwondo sangat dianjurkan bagi Anda. Selain olahraga tersebut baik untuk kesehatan, Anda juga mampu leindungi diri Anda sendiri kapanpun dimanapun. Jika mungkin Anda tak dapat atau tak sempat berlatih beladiri, Anda dapat melakukan tindakan dengan memukul beberapa titik lemah pelaku kejahatan seperti di jakun atau di leher, Anda dapat menariknya sekuat tenaga atau mencekiknya. Kemudian tendangan di ulu hati, kemaluan, belakang telinga, serta tulang kering pada kakinya.

Beranikan diri melawan

Beberapa hal yang membuat perempuan lengah saat kejahatan terjadi adalah rasa takut yang menguasai diri, sehingga hal yang tak diinginkan dapat terjadi begit mudahnya. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai perlawanan adalah membuat kegaduhan dengan berteriak dan menendang sesuatu yang berbunyi, menggigit tangan atau lengannya saat pelaku berusaha menyakiti Anda, atau gunakan apa saja di sekitar Anda sebagai senjata.

Singkatnya, Anda harus waspada dan berani dimanapun berada. Jika tidak, semua persiapan dan latihan yang Anda lakukan akan terbuang percuma. Tak ada satupun manusia yang ingin menjadi korban kejahatan, maka jadilah pribadi yang sewajarnya untuk tidak menimbulkan niat jahat serta selalu siaga di manapun walaupun saat bersama teman maupun sendirian. Melamun dan sibuk sendiri bisa membuat Anda lengah dan tanpa sadar telah diincar untuk suatu pola tindakan kriminal. Maka berhati-hatilah.(s@ri) Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

10 Fakta UnikTentang Ponsel Android


1. Apa sih Android?
Android adalah sebuah sistem operasi smartphone dengan layar sentuh seperti iOS iPhone dan OS pada BlackBerry. Android sendiri dikembangkan oleh Google dan pertama kali muncul pada tahun 2007 dengan ponsel pertamanya G1 T-Mobile.
2. Apa yang spesial dari Android
Tidak seperti OS Apple, Research In Motion (RIM) atau Windows Mobile Microsoft, Google pun langsung merilis Android sebagai OS open-source langsung dibawah naungan Open Handset Alliance. Hal lainnya Android adalah OS yang sangat baik, cepat dan juga kuat serta memiliki antarmuka pengguna intuitif yang dikemas dengan pilihan dan juga fleksibilitas. Google akan terus mengembangkannya.
3. Apakah ponsel Android disebut Droids?
Tidak. Karena droid adalah sebuah merek ponsel Android milik Verizon Wireless (Droid X, Droid Eris, Droid Incredible dan sebagainya). HTC Evo 4G Sprint bukanlah Droid tapi masih merupakan smartphone Android.
4. Mengapa memilih ponsel Android ketimbang iPhone?
Alasannya adalah Android terintegrasi dengan sebuah layanan Google seperti Gmail, Google Calender, Google Contacts dan Google Voice dan sempurna bagi siapa pun yang menggunakan layanan Google.
Salah satu hal dari Android yang perlu Anda ketahui adalah saat pertama menyalakannya Anda diminta memasukkan nama pengguna Google Anda dan juga password dan semua pesan Google lainnya, kontak dan juga info lainnya mulai tersinkronisasi ke handset tanpa sync ke desktop. Selain itu, Android merupakan open source yang dimana kita bebas melakukan apapun perihal aplikasinya.
5. Kelemahan Pada Android?
Menyangkut musik & juga video Android secara langsung tidak memiliki sebuah media resmi syncing klien ke desktop. Pada umumnya Android hanya memberi Anda lebih banyak pilihan tentang bagaimana Adna mengatur ponsel Anda dan juga konten-kontennya.
6. Apa beda versi-versi Android, seperti Donut, Cupcake dan Froyo?
Seperti Aplle iOS, Google terus mengupdate Android dengan berbagai macam fitur barunya. Versi terbaru dari Android adalah 2.2 dengan kode nama Froyo di fitur tersebut juga ada penambahan fitur penarikan USB langsung, fungsi hotspot mobile dan juga adanya dukungan dari Flash. Ini berarti Flash Video dan juga modul Flash yang tidak bekerja pada iPhone akan bekerja pada web browser Android. Versi 1.6 disebut Donut yang juga menambahkan sebuah kecepatan, peningkatan dalam resolusi layar dan juga aplikasi pada kamera dan juga perekam lebih cepat. Versi 1.5 cupcakes juga menambahkan perekam video.
7. Jika ada Android 2.2 mengapa harus terjebak dengan versi 2.1 bahkan 1.6?
Inilah salah satu kelemahan Google adalah begitu banyaknya menyediakan versi Android. Manufaktur dan semua operator dapat memutuskan untuk meng-upgrade ponsel mereka ke dalam versi terbaru Android. Di sisi lain, iPhone yang memiliki sedik it versi dimana untuk meluncurkan versi baru dari iOS ini dapat dilakukan sekaligus dan lebih mudah.
8. Berapa banyak aplikasi yang tersedia di Android?
Yaitu sekitar 70 ribu lebih dan akan terus meningkat setiap harinya. Google sendiri tidak memberikan perlakuan khusus atas aplikasi mereka.
9. Bagaimana Caranya memilih ponsel Android?
Ponsel Android tersedia berbagai macam bentuk. Anda lebih suka memakai ponsel QWERTY / lebih suka dengan touchscreen? Mencari sebuah layar besar / yang mudah masuk saku? Apakah Anda pemakai e-mail dan pesan teks ataupun secara tertarik menonton film dan video dalam layar besar? dan semua pertanyaan itu sudah bisa di jawab oleh produk Android saat ini.
10. Ponsel Android Terbaru?
Ada HTC Evo 4G. Samsung sendiri akan segera merilis ponsel Androidnya yaitu Galaxy S-class: Tipis dan juga rinagn, layar super AMOLED 4 inci kontras tinggi ini, dan juga tersedia pada semua operator besar AS. Jika mencari ponsel Anroid QWERTY slide-out, pertimbangkan Motorola Droid 2 Verzion atau Samsung Epic 4.
Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

Fenomena Kisah Maman dan Istri Simpanan yang ada di buku Sekolah Dasar

http://images.detik.com/content/2012/04/12/10/maman-dl.jpg
Donny BU (36) terperanjat. Buku pelajaran kelas 2 SD milik keponakannya memuat kisah yang dinilainya belum pantas untuk anak seusia itu. Adalah kisah ‘Bang Maman dari Kali Pasir’ yang menjadi persoalan.
Inti cerita ‘Bang Maman’ itu sebenarnya mengajarkan anak kelas 2 SD mengetahui mana sifat baik dan mana yang buruk. Namun secara keseluruhan, kisah itu dinilai mirip sinetron yang tak pantas buat anak kelas 2 SD.
“Masa anak kelas 2 SD diajarkan soal materi adanya istri simpanan?” kata Donny yang juga pegiat internet sehat saat berbincang dengan detikcom, Kamis (12/4/2012).
Kisah ‘Bang Maman’ ini dimuat dalam buku Pendidikan Lingkungn Budaya Jakarta, yang merupakan muatan lokal. Keponakan Donny, mesti membaca cerita ini hingga tuntas dan menghapalnya, karena kisah ini akan menjadi materi ulangan harian.
Sang keponakan mendapatkan buku ini dari sekolahnya di sebuah SD di Jakarta Timur. Buku itu dibeli paket dari sekolah. Buku itu diterbitkan PT MK dan kisah Bang Maman ada di halaman 30.
Adapun materi kisah Bang Maman secara ringkas bertutur mengenai kehidupan Bang Maman, seorang pedagang buah yang memiliki anak bernama Ijah. Nah, Bang Maman kemudian menikahkan putrinya itu dengan Salim, putra dari Pak Darip orang kaya di Kali Pasir.
Hingga kemudian Pak Darip meninggal dan mewariskan kebun yang sangat luas. Salim yang lugu meminta seseorang bernama Kusen untuk mengurus kebunnya. Namun Kusen dan istrinya malah mengkhianati Salim. Kebun yang luas dijual seluruh dan Salim pun jatuh miskin.
Ijah yang telah menjadi istri Salim diminta ayahnya, Bang Maman, untuk menceraikan suaminya itu. Ijah tidak mau dan tetap setia pada Salim. Bang Maman pun menyusun strategi, dibuatlah skenario adanya wanita lain bernama Patme yang pura-pura mengaku menjadi istri Salim. Patme mendatangi Ijah mengaku istri simpanan. Ijah pun percaya dan akhirnya menceraikan Salim.
Kisah itu tidak berhenti di situ namun masih berlanjut sampai pada akhir cerita, di mana setelah Ijah bercerai dengan Salim, dia hendak dinikahi perampok, yang menyamar menjadi orang kaya. Calon suami Ijah itu akhirnya ditangkap polisi saat pesta pernikahan digelar.
Setelah membaca kisah yang mirip sinetron itu, siswa mendapatkan pelajaran “untuk diingat”. Isi dari materi itu adalah pengalaman yang dapat diambil dan nilai luhur dari kisah itu.
“Jadi kisah itu mesti dihapal, siapa yang baik, siapa yang jahat. Tapi apa pantas kisah seperti itu untuk anak kelas 2 SD?” ujar Donny yang juga membagi keluhannya dalam twitter.
MENYEBAR DI BANYAK BUKU
Kisah Bang Maman dari Kali Pasir’ tidak hanya ada di buku Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (PLBJ) untuk kelas 2 terbitan CV Media Kreasi. Kisah ini sengaja diangkat untuk memahami cerita rakyat Jakarta dan merujuk standar kompetensi (SK) Kemdikbud.
“Kalau kita melihat cerita istri simpanan itu ada di daftar isi pada kolom standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD). SK-nya istri simpanan itu memahami dongeng cerita rakyat ‘Bang Maman dari Kali Pasir’. Jadi ya semua buku pasti ada, nggak cuma di LKS,” terang Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listiarti.
Hal itu disampaikan dia dalam jumpa pers di kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Jl Kalibata Timur, Jakarta, Jumat (13/4/2012).
Dia menjelaskan, beberapa penerbit ada yang menyamarkan istilah istri simpanan. Namun istilah kawin-cerai tetap disebutkan dalam wacana.
“Karena memang SK dan KD-nya mengatur demikian. Yudhistira mengunakan istilah kawin lagi atau membantu keluarga lain,” sambung Retno.
Menurutnya dalam hal ini penulis tidaklah salah. Sebab apa yang disampaikan merujuk pada SK dan KD yang sudah disusun Kemdikbud. “Jadi yang harusnya tanggung jawab ya pemerintah,” ucap Retno.
Sementara itu Direktur Sekolah Tanpa Batas, Bambang Wisudo, menilai kejadian itu seperti pelepasan tanggung jawab pemerintah. Sehingga kemudian yang disalahkan adalah penulis buku, guru dan sekolah.
“Kasus buku ini hanya satu kasus kecil, padahal banyak yang mencederai anak, banyak kekerasan simbolik. Anak terpaksa untuk sekolah padahal sekolah membosankan. Bukan hanya buku dan kurikulum yang sampah dan tidak mencerdaskan. Jadi sekolah hanya upacara inisiasi untuk menuju kedewasaan,” tuturnya.
“Jadi otoritas profesional guru ini sudah dirampas oleh negara. Guru jadi tidak bisa menentukan lagi mana yang layak untuk muridnya,” imbuh Bambang.
Atas kasus ‘istri simpanan’ ini, FSGI, Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) dan Sekolah Tanpa Batas (STB) menyuarakan 3 hal, yakni:
1. Mendesak Kemdikbud harus segera mengkaji kembali kurikulum SK/KD semua mata pelajaran di tingkat SD. Karena hasil penelitian IER (Institute Education of Reform) Universitas Paramadina 2008 menyimpulkan rendahnya mutu buku teks SD yang beredar di Indonesia. Kasus ini harus dijadikan momen pemerintah memperhatikan bahan ajar dan buku teks yang digunakan di Indonesia untuk seluruh level kelas.
2. Menolak pemerintah terkesan melepas tanggung jawab dengan alasan LKS ini tidak melalui penilaian pUsat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud.
3. Menolak guru, sekolah, penulis buku dan penerbit buru-buru disalahkan dalam kasus cerita istri simpanan.
SULIT DICERNA ANAK SD
Sejarawan JJ Rizal menganggap kisah Maman dan istri simpanan serta perebutan harta yang diceritakan di buku ajar ‘Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta’ untuk siswa kelas 2 SD sangat rumit. “Dari sisi penokohan dan sastra, cerita itu complicated dan sulit dicerna,” katanya saat dihubungi, Kamis, 12 April 2012.
Menurut Rizal, penokohan dalam cerita itu terlalu banyak. Apalagi hubungan antara satu tokoh dengan yang lain terlalu sukar untuk dicerna khususnya untuk pelajar kelas 2 SD. “Tentu saja kisah enggak pas untuk mereka,” katanya.
Dalam kisah ini terdapat sembilan tokoh. Mereka adalah Maman, Ijah, Salim, Kusen, Istri Kusen, Darip, Patme, Ujang, Polisi.
Cerita mengenai istri simpanan itu terdapat dalam buku latihan soal terbatas yang menjadi bacaan wajib anak SD Angkasa IX Halim Perdanakusuma. Berjudul “Bang Maman dari Kali Pasir” kisah itu tercetak di halaman 30-31. Buku soal itu dibagikan di sekolah dasar naungan Yayasan Ardhya Garini, terbitan PT. Media Kreasi.
Dalam cerita itu, dikisahkan kehidupan Bang Maman, seorang pedagang buah yang memiliki anak bernama Ijah. Dalam cerita tersebut, Bang Maman menikahkan putrinya dengan Salim. Salim adalah putra orang kaya di Kali Pasir, Pak Darip.
Kemudian, Pak Darip meninggal dan mewariskan kebun yang sangat luas. Salim yang lugu meminta seseorang bernama Kusen untuk mengurus kebunnya. Namun, Kusen dan istrinya malah mengkhianati Salim. Kebun yang luas dijual seluruhnya dan Salim pun jatuh miskin.
Ijah yang telah menjadi istri Salim diminta ayahnya, Bang Maman, untuk menceraikan suaminya itu. Ijah tidak mau dan tetap setia pada Salim. Bang Maman pun menyusun strategi. Dibuatlah skenario adanya wanita lain bernama Patme yang pura-pura mengaku menjadi istri Salim. Patme mendatangi Ijah dan mengaku istri simpanan Salim. Ijah pun percaya dan akhirnya menceraikan Salim.
Pihak SD Angkasa IX enggan memberikan keterangan lebih lanjut terkait buku itu.
Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

5 Monumen Teraneh Di Dunia

Berikut ini adalah 5 Monumen paling aneh dan unik Di Dunia

1. Mimizuka ( Kyoto, Jepang )
Monumen ini didirikan untuk memperingati tewasnya 38.000 warga Korea akibat pembantaian Samurai² Jepang pada kurun 1592-1598.Namun bukan berarti dibangun karena banyaknya jenazah yang berada di sana,melainkan karena di sanalah tempat di kuburkannya anggota tubuh
warga Korea yg dibantai berupa telinga dan hidung mereka.



2. Monumen Bawah Air ( Grenada )

Monumen ini di bangun oleh Pematung Jason de Caires Namun Taylor. Monumen ini dapat ditemui di dasar Teluk Moliniere di Grenada, yang terdiri dari puluhan patung yang dibangun di atas tanah dan terendam di daerah itu sejak Mei 2006. monumen bawah air Taylor seharusnya menyoroti proses ekologis dan mereka sendiri bertindak sebagai terumbu karang buatan untuk kehidupan laut lokal.
Patung-patung yang terletak di bagian yang dangkal Teluk Moliniere dan mudah diakses oleh penyelam.


3. Monumen Penis ( Cangchun China

Siapa yang mengira bahwa penis terbesar di dunia akan berasal dari Cina dari semua tempat? Monumen ini berdiri kokoh di tengah² Longwan Dukun Amusement Park, di Changchun. Monumen setinggi 30 kaki (± 9,9 meter) ini tebuat dari konstruksi baja yang dilapisi totem jerami. Walaupun sempat di protes akibat banyak nya anak² yang berkunjung ke taman tersebut,pemerintah setempat cuek² aja.
4. Monumen "Sepatu Bush" (Tikrit,Irak

Monumen ini di bangun untuk memperingati seorang jurnalis Irak yang dengan semangat "kepahlawanan" berani melempar sepatu ke pada Presiden AS waktu itu George W. Bush.Bahkan Kejadian pada Desember 2008 tersebut dijadikan sebuah catatan sejarah di buku Ensiklopedi bangsa Irak.
5. Monumen Enema (Zheleznovodokh,Russia)

Monumen ini di bangun untuk memperingati sembelit yang sering menyerang warganya (WTF).enema sendiri berarti memasukkan cairan ke dalam anus.Monumen perunggu ini dibangun dengan memakan biaya $42.000 dengan tinggi sekitar 5 kaki dan berat sekitar 800 pon.

Terima kasih juga atas kunjungannya.Jangan lupa di like ya

Arsip Blog